Cara Mengambil Sikap Jika Kamu Salah Jurusan

mengambil-sikap-jika-kamu-salah-jurusan

Memilih jurusan di perguruan tinggi bisa jadi hal yang paling dilematis untuk kamu yang baru lulus SMA. 

Mungkin sebagian dari kamu sudah punya tujuan yang pasti untuk memilih jurusan, akan tetapi tidak sedikit pula yang masih bimbang. Dilema menentukan pilihan jurusan yang tepat memang sudah menjadi hal klasik yang sering terjadi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kita salah jurusan seperti ikut-ikutan temen, dipilihin sama orang tua atau asal-asalan memilih.

Di artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang cara memilih jurusan yang tepat agar tidak salah jurusan. Tapi bagi kamu yang sudah terlanjur kejebak dan yang sudah melewati setengah tahun pertama dan merasa salah pilih jurusan, Yuk simak dulu tips cara mengambil sikap jika kamu salah jurusan:

  • Cari Tau apa kamu yakin salah masuk jurusan

Yakinkan dulu diri kamu apakah kamu benar-benar salah masuk jurusan. Karena bisa jadi,masalahmu bukan karena kamu salah masuk jurusan tapi karena kamu belum bisa beradaptasi dengan lingkungan kamu kuliah. Lingkungan kamu sekolah dengan lingkungan kampus pastinya berbeda jauh. Jika memang kamu yakin, berikut ini ciri-ciri bahwa kamu benar-benar salah jurusan:

  1. Cepat Bosan dengan pelajaran di perkuliahan
  2. Susah untuk menangkap pelajaran dan malas untuk mempelajarinya
  3. Mulai malas-malasan masuk kuliah
  4. Cuek, ga peduli apa pun mengenai perkuliahan
  5. Kamu mulai melupakan seperti tugas, ujian dan semua hal tentang perkuliahan
  6. Mulai mencari-cari alasan untuk tidak masuk kuliah
  • Pindah jurusan atau tetap bertahan

Oke, kamu sudah benar-benar salah pilih jurusan. Lalu apa langkah selanjutnya yang harus kamu ambil? Kamu punya 2 pilihan yaitu:

“Pindah Jurusan atau Tetap Bertahan”

Pindah Jurusan

Semua pilihan pastinya mempunyai resiko. Jika kamu memilih untuk Pindah Jurusan, maka kamu resiko yang harus kamu hadapi adalah:

  1. Lamanya masa studi yang udah kamu tempuh bisa jadi bahan pertimbangan dalam memutuskan untuk pindah jurusan atau enggak.

Jika masih di semester awal mungkin tidak begitu menjadi masalah, kamu tingkal berkonsultasi dengan orang tua. Akan tetapi jika kamu sudah masuk ke semester 4 ke atas, apa kamu ga menyesal. Karena jika kamu pindah kamu harus mengulang dari awal. kamu telah membuang waktu

2. Kamu harus mendapatkan izin dari orang tua apabila kamu memilih untuk pindah jurusan.

Minta izinlah secara baik kepada orang tuamu apabila kamu ingin pindah jurusan. Jangan sampai keputusanmu untuk pindah jurusan menjadi masalah besar yang membuat bertengkar dengan orang tuamu. Karena bagaimana pun kesuksesan datang dari doa dan ridhonya orang tuamu.

3. Jika kamu sudah mendapatkan izin dari orang tua kamu harus memikirkan apakah keuangan keluargamu menunjang kamu untuk pindah jurusan.

Selain waktu kamu juga akan kehilangan banyak uang karena keputusanmu untuk pindah. Maka dari itu kamu juga harus memikirkan apakah uang yang kamu sediakan sudah cukup atau belum.

Selain resiko keuntungannya yang akan kamu hadapi jika kamu mengambil keputusan untuk pindah adalah kamu bisa lebih bahagia karena kamu menjalani 4 tahunmu sesuai minat, kamu jadi jauh lebih bersungguh-sungguh belajar, peluang untuk kesuksesan karirmu semakin luas karena mengerjakan apa yang kita sukai lebih mudah daripada mengerjakan yang tidak sesuai dengan keinginan kita, dan kamu tidak akan cmengeluarkan banyak uang hanya untuk kuliah di jurusan yang tidak kamu sukai.

Bertahan

Jika banyak alasan yang membuat kamu lebih memilih untuk untuk bertahan, salah satunya adalah kamu masih memikirkan orang tuamu yang bekerja keras untuk mengkuliahkan kamu. Tapi memilih untuk bertahan juga tetap ada resikonya, maka berikut ini resiko yang harus kamu hadapi:

1.kamu harus bisa belajar untuk menyukai jurusan tersebut

2.kamu harus belajar lebih giat untuk tidak merasa cepat bosan

3.Hasil yang kamu dapatkan nanti belum tentu maksimal karena kamu memaksakan diri untuk tetap bertahan

Selain resiko keuntungannya yang akan kamu hadapi jika kamu mengambil keputusan untuk tetap bertahan adalah kamu menggali tentang pasionmu siapa tau jurusan yang kamu anggap salah malah membuat kamu bisa sukses. Dan jika memang jurusan tersebut memiliki peluang karir yang lebih besar, maka pilihan untuk bertahan adalah pilihan yang tepat.

Tapi apapun itu pilihan tetap ada di tanganmu. Bijaksanalah dalam memilih dan bertidak. Semoga sukses 😉

referensi: www.zenius.net, www.hipwee.com dan tango.image-static.hipwee.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Phincon - Clarity @ 2016 - All Right Reserved

Forgot your details?

Create Account