6 Tips Cerdas memilih Jurusan yang Tepat

binatalentanusantara-memilih-jurusan

Baru lulus SMA? Mau lanjut Kuliah? tapi masih bingung menentukan mau kuliah dimana dan masuk jurusan apa?

Jangan Galau!! 

Menentukan jurusan memang penting. Karena setelah kamu mengambil keputusan untuk melanjutkan kuliah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jurusan apa yang akan kamu ambil. Bidang yang kamu ambil menentukan nasib kamu 3-4 tahun kedepan. Banyak dari kita yang asal-asalan memilih padalah kita tidak mengerti dan tidak tahu pelajaran seperti apa yang akan kita pelajari.

Beberapa alasan kita memilih jurusan seperti karena keinginan orang tua, karena ikut-ikutan temen, atau bahkan asal pilih yang penting masuk universitas tersebut. Alasan tersebut tersebut jangan sampai kita salah memilih jurusan saat kuliah, dengan menghamburkan waktu dan uang kita, namun akhirnya menyesal karena merasa salah memilih bidang dan tidak cocok buat kita.

Berikut adalah 6 Tips Cerdas memilih Jurusan yang Tepat:

  • Fikirkan secara matang mengapa kamu memilihnya

Tahap awal ketika kamu akan memilih jurusan pastikan kamu punya alasan yang kuat kenapa kamu memilih bidang tersebut. Misalnya kenapa kamu mengambil jurusan kedokteran karena itu merupakan cita-citamu sejak dulu, kamu juga sangat menyukai pelajaran biologi ataupun anatomi dan ingin mempelajarinya lebih jauh.

  • Tanyakanlah pada diri sendiri, apa minat dan bakat yang kamu miliki

Minat akan membantu kamu untuk tetap semangat dalam berkuliah, sedangkan bakat akan mempermudah kamu dalam kegiatan belajar di perkuliahan. Jika kamu suka animasi atau game, kamu bisa mengambil jurusan DKV AnimationDKV New Media, Game Application and Technology , Graphic Design and New Media ataupun lainnya. Jika kekurangan ide, kembangkan pengetahuan kamu dengan membaca dan browsing di internet mengenai info profesi yang kira-kira kamu suka. Kamu juga bisa kunjungi guru bimbingan dan konseling kamu di sekolah.

  • Perhatikan prosepek karirmu kedepan.

Kita harus menyadari di jaman manakita hidup. Bidang apakah yang sekiranya dibutuhkan saat zaman ini dan yang sekiranya akan menjanjikan prospek karirmu kedepan. Hal ini penting untuk kamu pertimbangkan. Misalnya jaman sekarang teknologi sedang berkembang dan banyak bidang IT yang dibutuhkan oleh perusahaan. Maka coba pertimbangkan untuk mengambil jurusan IT. Tapi tetap lihat juga apa potensi dan minatmu sesuai dengan hal tersebut atau tidak.

  • Cari tau apa saja yang akan kamu pelajari dari jurusan tersebut

Sebelum memilih cobalah untuk mencari tau terlebih dahulu hal tersebut. Apa saja yang akan kamu pelajari dan pekerjaan apa saja yang bisa kamu pilih nantinya yang sesuai dengan jurusan kamu. Kamu bisa mempelajarinya melalui internet atau tanyakan kepada kerabat yang mengambil jurusan yang sama.

  • Konsultasikan kepada orang tua

Setelah kamu yakin akan memilih jurusan yang mana, kamu bisa konsultasikan kepada orang tuamu. Berkonsultasi tentang jurusan kuliah dengan orang tua sangatlah penting, karena orang tua itu pernah mengalami masa perkuliahan dan masa bekerja. Dengan berkonsultasi kamu dapat bertukar pikiran, selain itu kamu juga bisa mendiskusikan kepada orang tua apakah keuangannya cukup untuk membiayai kuliahmu dan juga akan menghindari kamu dari kuliah secara terpaksa.

  • Persiapkan Alternatif lain

Jika terdapat beberapa pertimbangan, akan mengakibatkan kita tidak memasuki jurusan kuliah di Universitas tertentu. Persiapkan alternatif lain atau rencana cadangan. Mungkinkah kita mengambil jurusan lain? Atau menunda kuliah tahun ini dan mencobanya di tahun berikutnya? Dengan adanya rencana alternatif maka kamu akan lebih percaya diri dan siap secara mental dalam membuka peluang yang pada awalnya tidak kita sadari.

Sumber :  sahabatbeasiswa.com, binus.ac.id

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Phincon - Clarity @ 2016 - All Right Reserved

Forgot your details?

Create Account