7 Kesalahan Fatal Fresh Graduate saat Melamar Pekerjaan

binatalenta-kesalahan-melamar-pekerjaan-fresh-greduate

Mencari pekerjaan di jaman sekarang memang sangatlah sulit, apalagi buat kamu yang baru lulus atau masih “Fresh Graduate”. Dirasakan sulit karena bukan hanya  lowongan pekerjaan yang terbatas, tapi juga mungkin karena adanya kesalahan yang anda lakukan ketika melamar pekerjaan tersebut.

Maka dari itu perhatikanlah kesalahan -kesalahan yang sering dilakukan pelamar yang sering dilakukan oleh Fresh Graduate. Pastikan jangan sampai anda melakukan kesalahan yang sama seperti yang dibawah ini.

  • Kurang Teliti

    Saat kita membuat CV(Curriculum Vitae) banyak terjadi kesalahan yang kita lakukan seperti tulisan seperti salah ejaan atau typo. Ada baiknya kalau kita baca kembali CV yang telah kita buat. Karena kesalahan tersebut bisa menjadi kesalahan yang fatal. Selain teliti dalam membuat CV, teliti juga dalam mengikuti instruksi yang diberikan oleh

  • Perhatikan Waktu Mengirim Lamaran Kerja

    Perhatikan waktu yang anda lakukan ketika mengirim lamaran kerjaan. Pastikan jangan sampai anda telat mengirim lamaran. Perusahaan biasanya memberikan tenggang waktu tertentu untuk pelamar kerja mempersiapkan berkas terbaiknya. Namun jika anda telat dari waktu yang diberikan, itu artinya anda telah dianggap gugur sebagai kandidat.

  • Perhatikan juga Lowongan Pekerjaan yang tersedia

    Perhatikanlah dengan teliti lowongan pekerjaan yang tersedia dan yang akan anda lamar. Pastikan lowongan pekerjaan tersebut sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki dan sesuai dengan keinginan anda. Jangan melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kualifikasi anda. Karena hal itu hanya akan membuang waktu anda dan belum tentu perusahaan akan menerima anda karena tidak sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan juga.

  • Kurang Perisapan untuk Interview

    Usahakan sebelum anda melamar pekerjaan, persiapkan dengan matang diri anda, termasuk persiapan untuk interview. Menganggap remeh interview akan berdampak buruk bagi anda. Karena sesi interview adalah sesi penting yang menentukan apakah anda benar-benar sesuai dengan tenaga kerja baru yang ditubuhkan oleh perusahaan atau tidak.

  • Memangcing Lowongan Kerja Palsu

    Memancing lowongan Kerja palsu dapat terjadi karena banyaknya fresh graduate yang menyebar nomor handphone atau pun e-mail di internet dengan harapan akan dihubungi pada saat ada lowongan kerja yang diharapkan. Padahal cara seperti ini  akan membuat anda menjadi incaran para tidakan kriminal salah satunya pembuat lowongan kerja palsu yang mengharuskan membayar sejumlah uang terlebih dahulu untuk bisa bekerja.

  • Jangan Melamar Jabatan yang Terlalu Tinggi

    Jika kamu masih Fresh Graduate dan belum mempunyai banyak pengalaman, usahakan untuk melamar pekerjaan dengan jabatan yang tinggi. Hal ini akan di anggap image anda buruk oleh perekrut. Carilah jabatan yang sesuai dengan kemampuan ana dan juga pengalaman yang anda pernah dapatkan.

  • Jangan Sok Jual Mahal dan Pemilih

    Sulit mendapat pekerjaan bisa terjadi jika kamu adalah orang yang pemilih dan sok jual mahal.  Gaji merupakan hal yang pasti anda tanyakan saat sesi wawancara. Hal ini merupakan hal yang krusial karena jika anda salah atau hanya berangan angan dengan meminta gaji selangit tapi tidak sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki, maka perusahaan akan menganggap anda tidak serius. Dan jangan juga terlalu sombong apabila anda merasa mempunyai skill hebat. Untuk awal mula dan batu loncatan dalam karier, jangan pernah melakukan hal ini dan lamarlah pekerjaan dimana saja dan mematuhi semua peraturan yang diberikan oleh perusahaan.

Sumber: www.masukuniversitas.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Phincon - Clarity @ 2016 - All Right Reserved

Forgot your details?

Create Account