Tips Sukses Personal Branding untuk Mahasiswa dan Fresh Graduate

binatalentanusantara-sukses-personal-branding

binatalentanusantara-sukses-personal-branding

Banyaknya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan membuat para mahasiswa dan fresh graduate harus mempunyai strategi yang jitu.

Hal ini dikarenakan banyaknya pengangguran yang bertitel sarjana. Apalagi dengan adanya MEA membuat persaingan semakin sengit karena tidak hanya bersaing dengan sesama orang Indonesia tapi juga bersaing dengan negara-negara ASEAN. Untuk mendapatkan pekerjaan anda harus bisa mempromosikan diri dengan branding personal sejak masih mahasiswa. Berikut ini tips sukses personal branding untuk menjadi freshgrad yang bukan hanya bisa mendapatkan pekerjaan  tetapi juga mudah untuk membangun bisnis.

Tips Sukses Personal Branding

  • Sosial Media

Gunakanalah sosial media sebagai ajang promosi untuk diri anda. Misalnya kompetensi anda adalah menulis, maka tulislah konten di blog anda dan cantumkan blog ke dalam CV anda. Lewat sosial media seperti blog, instagram , dan yang lainnya anda bisa mempromosikan diri anda mengenai kompetensi yang anda miliki, yang mana hal tersbut bisa menjadi protofolio untuk anda.

  • Optimasi LinkedIn

LinkedIn merupakan sosial media untuk profesional yang bisa disebut juga sebagai CV online. Jadi promosikan diri anda dengan mengoptimasi LinkedIn. Pada bagian “summary” anda bisa mendeskripsikan diri anda dengan memasukan hal-hal unik yang membedakan anda dengan orang lain. Alangkah baiknya jika anda menambah pengalaman organisasi atau keahlian di luar jurusan anda saat kuliah, hal itu akan membuat orang semakin terkesima.

  • Mencari Mentor

Mentor disini maksudnya adalah orang yang dapat mempromosikan diri anda ke perusahaan atau area yang diminati. Karena personal branding itu lebih ke Public Relation (PR) bukan seperti iklan. Dengan kata lain orang akan percaya jika yang mempromosikan diri anda adalah orang lain bukan diri kita sendiri.

  •  Bergabung dengan Komunitas

Cara lain untuk membangun personal branding yaitu dengan bergabung di komunitas yang tepat sebelum anda lulus kuliah. Sehingga ketika sudah lulus kuliah, anda sudah mempunyai personal branding yang matang. Misalnya jika anda ingin menjadi start up, maka bergabunglah dengan komunitas start up di Facebook Page atau group di sosial media lainnya. Karena dengan bergabung di komunitas, akan menambah pengalaman serta portofolio anda. Jika masih bingung dan belum mengetahui minat maka bergabunglah dengan beberapa komunitas, dengan begitu anda dapat mengetahui sendiri mana yang cocok untuk diri anda.

Referensi : tuhunugraha.com

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Phincon - Clarity @ 2016 - All Right Reserved

Forgot your details?

Create Account