Rahasia Sukses Bekerja Ala Jepang

binatalentanusantara-sukses-jepang

binatalentanusantara-sukses-jepang

Jepang merupakan negara maju yang banyak digunakan sebagai panutan.

Menurut CIA World Factbook pada tahun 2004  Jepang memiliki jumlah penduduk sekitar 127,3 juta jiwa. Penduduk Jepang terdiri atas beberapa etnik seperti etnik Jepang 98%, etnik Korea 0,5%, etnik China 0,4% dan etnik lainnya sekitar 0,6%.  Jepang dikenal memiliki rakyat yang disiplin dan pekerja keras dalam bekerja. Jika kita mendengar kata “Jepang” maka yang kita ingat adalah bunga sakura, Samurai, cara menyajikan teh, dan juga cara teknologinya yang canggih. Banyak orang-orang sukses berasal dari Jepang. Jepang memiliki beberapa etika dalam bekerja diperusahaan.

Namun tahukah anda apa yang menyebabkan Jepang dapat menjadi negara yang maju dan sukses? Berikut ini penjabaran mengenai rahasia sukses bekerja ala Jepang melalui prinsip orang Jepang.

Prinsip Orang Jepang

1.Prinsip Samurai

binatalentanusantara-samurai

  • Gi ( Integritas)

Seorang Samurai harus selalu mempertahankan etika, moralitas dan kebenaran. Seorang kesatria harus paham yang benar dan salah dan berusaha keras melakukan yang benar dan menghindari yang salah.  Nilai ini yang dijunjung tinggi dalam falsafah bushido.

  • Yu (Keberanian)

Berani dalam menghadapi kesulitan. Keberanian merupakan sikap untuk bertahan demi prinsip kebenaran meskipun mendapat tekanan dan kesulitan. Keberanian adalah ciri para Samurai yang selalu siap meskipun harus mati namun tetap dilandasi dengan latihan, kerja keras dan disiplin.

  • Jin(Kemurahan Hati)

Meskipun terus berlatih ilmu pedang dan strategi perang, para Samurai harus memiliki sifat saling peduli dan saling mengasihi terhadap sesama.

  • Rei(Menghormati)

Seorang Samurai tidak pernah bersikap kasar dan ceroboh, tetapi selalu bersikap santun dan hormat kepada pemimpin, orang tua, maupun tamu.

  • Makoto ( atau Shin kejujuran) dan tulus-ikhlas

Seorang Samurai senantiasa selalu jujur dan tulus serta jika mereka sudah membuat janji maka mereka berani menepatinya.

  • Meiyo(Kehormatan)

Seorang Samurai memiliki harga diri yang tinggi, yang mereka jaga dengan berperilaku terhormat serta tidak menyia-nyiakan waktu yang tidak berguna.

  • Chugo(loyal)

Seorang kesatria mempersembahkan seluruh hidupnya untuk melaksanakan tugas dan setia kepada pemimpin / guru.

  • Tei(Menghormati Orang Tua)

Seorang Samurai sangat menghormati dan peduli kepada orang yang lebih tua baik itu orang tua, pemimpin, mauoun para leluhurnya.

2.Prinsip Bushido

Prinsip yang diturunkan dari generasi ke generasi yang menggambarkan tentang semangat bekerja keras dalam belajar, bekerja, kehormatan, keberanian, kebijakan, kejujuran, penghargaan, serta kesungguhan yang diturunkan dari prinsip Samurai.

3.Budaya Keishan

Budaya Keishan adalah budaya bekerja secara produktif, inovatif dan kreatif  yang menuntut kesungguhan , kerajinan, minat, dan keyakinan dalam bekerja.

4.Prinsip Kai Zen

Prinsip Kai Zen adalah prinsip yang menekankan tepat waktu dalam bekerja, dimana waktu dan biaya harus optimal sehingga akan menghasilkan produk yang berkualitas.

 

 

referensi dari :

 anieristyan.wordpress.com,

aksesdunia.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Phincon - Clarity @ 2016 - All Right Reserved

Forgot your details?

Create Account