Kunci Sukses Tokopedia dan Alibaba dalam E-commerce

binatalentanusantara-sukses-e-commerce-alibaba-tokopedia

binatalentanusantara-sukses-e-commerce-alibaba-tokopedia

Potensi serta perkembangan e-commerce di Indonesia maupun dunia dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Hal tersebut yang mendasari banyak orang mencoba peruntungan melalui bisnis e-commerce. Banyak yang sukses namun tidak sedikit pula yang gagal. Dalam banyak kasus, perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk namun juga harus mempersiapkan strategi yang matang. Berbekal dari beberapa pengalaman orang-orang yang sukses di bisnis e-commerce, seperti Jack Ma ( Alibaba) dan William Tanuwijaya (Tokopedia).

Kunci Sukses William Tanuwijaya dengan Tokopedia

binatalentanusantara-sukses-tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace yang namanya sudah dikenal luas di Indonesia, dengan peringkat ke 8 di Indonesia menurut alexa.com. Tokopedia berhasil mendapatkan dana dari CyberAgent Ventures serta investor ternama seperti Sequoia Capital dan SoftBank. Sequoia Capital adalah investor dari Apple, Cisco, Oracle, Yahoo dan banyak perusahaan teknologi papan atas. Sedangkan SoftBank selalu berinvestasi kepada perusahaan yang di prediksi bisa menjadi perusahaan yang legendaris.

William Tanuwijaya mengungkapkan kesuksesannya membangun dan mengembangkan Tokopedia hingga dapat sukses dilambangkan dengan 3 prinsip yaitu:

  • Keberanian

Berawal dari  berani untuk mimpi dan kerja keras, William percaya dapat mewujudkan mimpinya meskipun banyak penolakan dari perusahaan yang ia jumpai dalam mencari investor.

  • Kegigihan

Tokopedia membutuhkan 2 tahun untuk meyakinkan investor pertama untuk mendapatkan pendanaan. William telah melalui banyak tantangan seperti harus menandingi perusahaan besar luar yang masuk ke pasar Indonesia. Maka dari itu diperlukan kegigihan untuk membuat Tokopedia berhasil menjadi bisnis e-commerce pertama di ASEAN yang mendapat investasi $100 juta.

  • Harapan

Tokopedia mempunyai harapan untuk menciptakan peluang bisnis bagi masyarakat Indonesia secara mudah dan aman yang membuat William tidak menyerah terhadap keadaan. William dan tim Tokopedia membutuhkan waktu 2 tahun untuk membangun Tokopedia, sedangkan sekarang semua orang bisa memiliki toko online melalui Tokopedia  hanya dalam waktu 2 menit.

Kunci Sukses Jack Ma Alibaba

binatalentanusantara-sukses-e-commerce-alibaba-jack-ma

Banyak dari kita sudah sangat familiar dengan Jack Ma. Jack Ma adalah pendiri dari Alibaba Group yang merupaka perusahaan retail online paling sukses di Asia. Jack Ma juga sering disebut- sebut sebagai pengusahaan Cina paling sukses saat ini. Kesuksesan Jack Ma menjadi tokoh dunia telah menginsipari banyak orang. Melalui pengalamannya, Jack Ma mengungkapkan kesuksesannya melalui poin-poin di bawah ini.

  • Sistem yang Baik

Belajar dari pengalamannya di curangi oleh karyawannya sendiri, Jack Ma mengatakan bahwa bisnis kecil maupun besar membutuhkan sistem yang baik supaya tidak ada celah untuk mengacaukan proses bisnis tersebut. Karena sistem yang baik dapat membantu mengembangkan bisnis yang kecil menjadi bisnis yang besar.

  • Besar di tengah Keterbatasan

Berusaha untuk bisa menjadi bisnis yang lebih besar di tengah keterbatasan bisa membuat kita lebih semangat dan punya banyak ide kreatif.

  • Mengambil Peran

Berawal dari pengalaman Jack Ma yang hengkang dari Confortune akibat perbedaan prinsip dengan pemimpin Confortune lainnya, Jack Ma mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus memperlakukan dirinya seperti seorang karyawan. Dengan memperlakukan dirinya seperti seorang karyawan, tidak akan membuat dirinya menjadi tinggi hati dan akan membuat dia mau mendengarkan pendapat orang lain yang tentunya berguna untuk perkembangan dirinya maupun bisnis di masa depan.

  • Pekerjakan Orang Tekun dan Cerdas

Bagi Jack Ma, untuk merekrut pekerja tidak harus merekrut pekerja yang ahli dengan tuntutan gaji yang sangat tinggi. Baginya cukup mempekerjakan orang yang tekun dan cukup cerdas, karena total gaji yang besar bisa kita alokasikan untuk mendapatkan pekerja yang cerdas dan peningkatan operasional bisnis sehingga akan jauh lebih hemat dan bermanfaat.

  • Mahir memilih Brand

Belajar dari brand populer yang memilih nama brand dengan nama yang simpel namun berpengaruh seperti Apple, Starbuck, Walmart dan Facebook , Jack Ma memilih nama “Alibaba” sebagai tokoh yang cerdik.Filosofi dari nama yang simpel bisa menjad kekuatan tersendiri untuk membangun brand bisnis yang besar dan kuat.

Kesimpulan

Dari kesuksesan kedua tokoh di atas kita dapat belajar banyak bahwa kesuksesan tidak datang dengan sendirinya melaikan harus kita raih dengan cara passion dan kemauan untuk belajar dan bekerja keras. Jadi, teruslah berharap dan semangat dalam berusaha.

 

Referensi dari :

www.klikdigital.net

www.maxmanroe.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Phincon - Clarity @ 2016 - All Right Reserved

Forgot your details?

Create Account