Tips Sukses dan Budaya Bekerja Orang Jerman

binatalentanusantara-sukses-jerman

binatalentanusantara-sukses-jerman

Jika kita mendengar kata “Jerman” pasti yang terfikirkan di pikiran kita adalah Negara Maju, Sejarah perang Jerman dan Adolf Hitler.

Jerman menjadi model sukses demokrasi bagi dunia. Jerman merupakan negara pengekspor nomor 1 di dunia, negara dengan kekuatan ekonomi terkuat di Eropa, negara dengan produk teknologi yang terkenal di dunia. Kunci kesuksesan yang membawa Jerman menjadi negara Maju yang perlu diperhitungkan dapat dilihat dari budaya kerja dan kemenangan piala dunia pada tahun 2014 yang didapatkan timnas sepak bola Jerman.

Budaya dan Etos Kerja Orang Jerman

  • Waktu Bekerja

Rata-rata orang Jerman bekerja selama 35 jam per minggu atau 7 jam dalam sehari. Di Jerman jika waktunya bekerja mereka tidak akan melakukan hal lain seperti mengobrol, membuka sosial media, chat dan lainnya, namun mereka memilih untuk fokus bekerja. Orang Jerman terkenal fokus dan rajin dalam bekerja, sehingga produktivitas yang tinggi bisa di capai dalam waktu yang singkat.

  • Pola Komunikasi

Orang Jerman tidak menyukai budaya basa-basi, mereka lebih suka berbicara secara langsung kepada karyawan atau atasannya. Orang Jerman lebih menyukai kata perintah langsung seperti “Ani, saya butuh persentasi untuk PT.AAA jam 4 sore”.

  • Membedakan Pekerjaan dengan Pribadi

Pada umumnya orang Jerman sangat menghargai batasan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Bahkan pemerintah Jerman melarang pengiriman email kerjaan di atas jam 6 sore. Jadi ketika hari libur, maka mereka memanfaatkan waktu mereka untuk berlibur dengan main musik, mengikuti klub olah raga , klub hiking, klub futsal dan lain-lain.

  • Jumlah Hari Libur yang Banyak

Jumlah hari libur dalam setahun bisa mencapai 6 minggu dan itu belum termasuk jumlah cuti bekerkja bisa sampai 25-30 hari. Kerana liburan dapat meningkatkan produktivitas kerja dan membuat tubuh kita kembali fresh saat kembali ke kantor.

  • Jarang Rapat atau Pertemuan

Bagi orang Jerman “Less social time is more work time“. Karena kultur kerja di Jerman menitikberatkan pada kualitas, bekerja secara individu, dan segera pulang setelah selesai pekerjaannya.

  • Kualitas Lebih Penting dari Kuantitas

Kultur kerja yang dilakukan di Jerman jauh lebih penting kualitas daripada kuantitas. Kualitas yang didapat dengan fokus, efisien dan dedikasi tanpa kompromi di tempat kerja.

 

Kunci Sukses Jerman di Ambil dari Kejuaraan Sepak Bola

binatalentanusantara-sukses-timnas-jerman

  • Menyatukan Visi dan Tujuan

Jika kamu bekerja dalam tim, pastikan untuk menyamakan pandangan, visi, misi, tujuan, serta ambisi. Karena jika pandangan kita dalam tim berbeda, hal ini dapat memecahkan persatuan didalam sebuah tim.

  • Berinovasi

Membuat inovasi baru dengan taktik yang dinamis. Seperti yang dilakukan Jerman pada kejuaraan sepak bola, dengan membangun gudang data yang dapat membentuk aplikasi smartphone dan tablet untuk pelatih dan pemain Jerman yang dilakukan oleh pelatih Klinsmann dan Joachim Loew. Dimana inovasi tersebut dapat menghasilkan Jerman menang kejuaraan sepak bola dunia.

  • Latihan

Kesuksesan Jerman di Piala Dunia Sepak Bola 2014 hasil dari latihan yang insentif disertai persiapan yang matang dan disiplin yang tinggi.

  • Pertahankan Fleksibilitas

Pemain tim Jerman dalam Kejuaan Piala Dunia  sangat fleksibel sehingga berani bertukar posisi sesuai instruksi dari pelatih supaya semakin merepotkan tim lawan untuk menyerang. Fleksibel merupakan salah satu kunci sukses karena rencana yang sempurna tidak akan berlaku jika kondisi tidak memungkinkan.

  • Hargai Keberagaman

Jerman sangat menghargai keberagaman, dalam hal ini keberagaman ditunjukan dengan tim Jerman yang terdiri dari beragam talenta dari beragam pemain. Keberagaman dari 11 individual yang dibuat menjadi satu tim yang solid.

  • Fokus

Fokus untuk mencapai tujuan yang ingin di raih bersama . Jangan pernah lengah meskipun kamu sudah berada di atas angin.

  • Strategi dan Action

Startegi dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan , karena latihan dan kerja keras saja tidak cukup jika tidak dieksekusi dengan baik.

  • Rendah Hati, Ramah, dan Fun

Timnas Jerman terus berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan semua pihak, dengan berperilaku ramah kepada semua fans, akrab dengan warga sekitar mereka, dan tetap rendah hati.

 

Referensi :

www.hipwee.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Phincon - Clarity @ 2016 - All Right Reserved

Forgot your details?

Create Account