9 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Wawancara

binatalentanusantara-persiapan-sebelum-wawancara-kerja

binatalentanusantara-persiapan-sebelum-wawancara-kerja

Berikut hal-hal yang begitu penting untuk diperhatikan sebelum wawancara.

Ketika anda sudah lulus kuliah atau anda ingin memutuskan untuk mencari pekerjaan, hal pertama yang harus anda lewati sebelum dapat bekerja adalah wawancara kerja. Sebelum melakukan wawancara kerja, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan. Berikut ini merupakan 9 hal yang harus disiapkan sebelum melakukan wawancara kerja:

1.Survey lokasi wawancara kerja

Sempatkanlah diri anda untuk melakukan survey lokasi dimana anda akan melakukan wawancara. Hal ini akan mempermudah anda supaya keesok harinya anda tidak sibuk atau kebingungan mencari lokasi wawancara kerja. Namun hal ini tidak perlu dilakukan jika anda telah mengetahui lokasi wawancara kerja.

2.Datanglah lebih awal

Datanglah  lebih awal dari jadwal wawancara yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan agar anda dapat mempersiapkan diri dan tidak merasa gugup saat melakukan wawancara.

3.Siapkan Jawaban untuk setiap kemungkinan pertanyaan

Carilah jawban untuk setiap pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan saat wawancara kerja. Hal ini perlu anda lakukan, karena dengan anda melakukan persiapan ini, kepercayaan diri anda akan bertambah, sehingga tidak membuat anda khawatir lagi untuk tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer.

4.Berpakaianlah yang rapi dan formil

Persiapkanlah pakaian yang formil untuk anda kenakan saat wawancara. Anda dapat berpakaian dengan kemampuan financial anda. Untuk pria pakailah pakaian kameja lengan panjang dengan warna cerah namun tidak norak atau mencolok. Hal ini memiliki penilaian psikologis oleh si pewancara. Normalnya pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna hitam. Untuk wanita, pakailah pakaian yang menunjukan anda seorang pekerja, dan bermake-up lah sewajarnya.

5.Percaya diri, jujur dan tapi tidak sombong

Percaya diri disini adalah dengan menunjukan bahwa anda sangat antusias untuk bekerja di perusahaan yang sedang anda tuju, anda harus yakin jika nanti keterima kerja diperusahaan tersebut dan akan bekerja dengan sebaik mungkin demi kemajuan perusahaan. Jangan tunjukan kesombongan anda dengan kelebihan anda yang sebenarnya seperti dibuat-buat, katakan semuanya dengan jujur apa adanya bahwa anda sangat membutuhkan kerja dan ingin bekerja dengan baik diperusahaan ini.

6.Awali dan akhiri wawancara dengan sapaan dan jabat tangan

Ketuklah pintu sebelum anda masuk kedalam ruangan si pewawancara, kemudian ulurkan tangan anda lebih awal untuk berjabat tangan sambil mengucapkan sapaan hangat. .

7.Menunjukan sikap dan profesional

Bagaimanapun perusahaan membutuhkan pekerja yang mau bekerja keras namun juga memiliki sopan santun. Sikap sopan ini bisa anda tunjukkan pada saat pertama masuk keruangan tempat wawancara kerja dilakukan, sodorkan tangan anda terlebih dahlu untuk berjabat tangan, kemudian sikap duduk sempurna dan tidak terkesan lemah seperti tidak percaya diri. Tatap matanya ketika mendengarkan dia bicara dan ketika anda berbicara. Jangan gugup karena hal ini akan menggaggu konsentrasi anda.

8.Berterimakasih

Dan yang terakhir,jangan lupa ketika selesai wawancara anda harus berterima kasih, hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan untuk anda diawancara, wawancara adalah langkah terakhir sebelum anda diterima atau ditolak oleh perusahaan.

9.Berdoa

Setelah  8 hal di atas telah anda lakukan langkah terkahir adalah dengan berdoa. Yup, tidak ada yang lebih baik selain berdoa, semua sudah anda lakukan dengan baik, persiapan sebelum wawancara kerja hingga wawancara selesai dilakukan, anda hanya perlu berdoa agar semua yang anda inginkan bisa terwujud.

dikutip dari beragam sumber:

cdc.eng.ui.ac.id

anekacontohsurat.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Phincon - Clarity @ 2016 - All Right Reserved

Forgot your details?

Create Account